Minggu, 18 Agustus 2013

20 Animasi GIF yang akan Menjelaskan Bagaimana Benda-Benda Bekerja

Di bawah ini agan akan menemukan berbagai animasi gif sederhana yang dapat menjelaskan bagaimana benda/hal bekerja. Mulai dari bagaimana sebuah mesin bekerja dan ilustrasi yang akan membantu menjelaskan fungsi-fungsi dari berbagai hal yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Melalui animasi ini kaskuser dapat melihat bagaimana hal-hal menakjubkan dapat tercipta oleh pemikiran dan penemuan yang luar biasa. Animasi sebagian besar diambil dari reddit dengan subreddits educationalgifs. Animasi ini dibuat untuk tujuan edukasi yang dapat membantu kita memahami benda/hal di sekitar kita bekerja.

Sepasang kaskuser sedang ngaskus di cafe:
Agan: Orang bijak berkata, "satu gambar lebih baik daripada seribu kata-kata."
Sista: Lha kalo gambarnya gif gimana gan??
Agan: Ya itung aja itu berapa frame gambarnya terus dikali seribu sis.

Sista: Bener juga ente gan.

1. Bagaimana Geneva Drive Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Geneva Drive atau Maltese Cross adalah mekanisme gigi yang menerjemahkan rotasi terus menerus menjadi gerakan berputar. Nama ini berasal dari aplikasi perangkat awal jam tangan mekanik yang berkembang di Swiss dan Jenewa. Oleh karenanya Swiss dan Jenewa kemudian menjadi pusat pembuatan jam. Karena digunakan pada jam tangan, Geneva Drive dibuat dengan ukuran yang sangat kecil.


2. Bagaimana Motor Elektrik Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Motor elektrik adalah mesin listrik yang mampu mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Pada penggunaan otomotif, motor listrik bekerja melalui interaksi antara medan magnet dan kumparan arus listrik untuk menghasilkan kekuatan dalam motor. Pada aplikasi tertentu, seperti industri otomotif, motor elektrik dapat bekerja pada dua fungsi, yaitu fungsi motorik dan pengereman.


3. Bagaimana Resleting Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Adakah kaskuser yang ngga tau resleting??


4. Bagaimana Tablet Press Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Tablet press adalah perangkat mekanis yang mampu mengubah bubuk menjadi tablet dengan ukuran dan berat yang seragam. Alat ini digunakan untuk memproduksi tablet dari berbagai bahan, termasuk obat-obatan, produk pembersih dan kosmetik.


5. Ilustrasi Urut-Urutan Fibonacci
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Angka fibonacci adalah urutan angka (deret angka) yang disusun oleh Leonardo Fibonacci pada tahun 1175 – 1245 M. Bilangan fibonacci dikenal juga dengan sebutan the golden number of human life. Bilangan Fibonacci adalah urutan angka yang diperoleh dari penjumlahan dua angka didepannya, misalnya: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, dst


6. Bagaimana Mesin Mobil 4 Silinder Bekerja??
Spoilerfor Cekidot..!!:
Mesin 4 silinder segaris adalah mesin pembakaran dalam dengan keempat silindernya terpasang mendatar satu arah di dalam bak mesin. Silindernya bisa diletakkan mendatar atau miring terhadap poros mesin. Mesin ini sangat umum dipakai pada mobil dengan kapasitas mesin kecil karena konstruksinya mudah. Meskipun demikian, tipe mesin seperti ini juga menimbulkan getaran, dan getarannya semakin parah ketika kapasitas dan kekuatan mesinnya bertambah. Oleh karena itu, mobil bertenaga tinggi menggunakan mesin yang lebih kompleks dan menggunakan lebih dari 4 silinder.


7. Bagaimana Sebuah Vernier Caliper (Jangka Sorong) Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Vernier caliper sering juga disebut sigmat atau jangka sorong adalah sebuah alat ukur yang dapat dipakai untuk mengukur diameter luar, diameter dalam, ketebalan dan kedalaman celah. Vernier caliper ini dapat mengukur dengan tingkat akurasi sampai dengan 0,05 mm.


8. Bagaimana Jantung Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Pada saat berdenyut setiap ruang jantung mengendur dan terisi darah (disebut diastol). Selanjutnya jantung berkontraksi dan memompa darah keluar dari ruang jantung (disebut sistol). Kedua serambi mengendur dan berkontraksi secara bersamaan, dan kedua bilik juga mengendur dan berkontraksi secara bersamaan.


9. Bagaimana Meletakkan Kabel Bawah Laut??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Ngomong2 masalah kabel laut. Kalo yang belum ngerti fungsinya kabel laut buat apa ane punya thread yang membahas mengenai kabel laut yang superlengkap. HT pula, silakan klik aja gan.

HT Agan Tau Jaringan Internet Dunia Terhubung Dengan Apa?? KABEL LAUT atau SATELIT Gan?? HT


10. Bagaimana Mesin Boxer Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Mesin flat (juga dikenal dengan mesin boxer) adalah sebuah konfigurasi mesin pembakaran dalam yang pistonnya bergerak secara horizontal. Crankshaftnya ada satu dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan, membentuk sudut 180 derajat. Konsep mesin ini sendiri ditemukan oleh ahli teknik Jerman Karl Benz tahun 1896, 8 tahun setelah ia menemukan mobil pertamanya yang sukses


11. Bagaimana Oval Regulation Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:


12. Ilustrasi Phi
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Bilangan π (atau ditulis pi) adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameternya. Nilai pi dalam 20 tempat desimal adalah 3,14159265358979323846. Banyak rumus dalam matematika, sains, dan teknik yang menggunakan π, yang menjadikannya salah satu dari konstanta matematika yang penting.


13. Bagaimana Mesin Jahit Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Adakah kaskuser yang ngga tau mesin jahit??


14. Bagaimana Mesin Radial Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Mesin Radial adalah konfigurasi mesin pembakaran, dimana silinder diatur mengelilingi arah sebuah poros engkol seperti jeruji pada roda. Pembakaran ini secara umum digunakan pada mesin pesawat sebelum digantikan dengan mesin poros turbo dan turbojet.


15. Bagaimana Kuda dalam Catur Mengelilingi Papan??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Ilustrasi ini merupakan pergerakan kuda dalam catur yang mengelilingi papan hingga membentuk sebuah pola. Membuat program dengan Ilustrasi ini biasa diberikan kepada mahasiswa ilmu komputer untuk mengasah kemampuan logika dalam penyelesaian masalah dengan berbagai variasi.


16. Bagaimana Roda Episiklik Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Roda gigi episiklik (planetary gear atau epicyclic gear) adalah kombinasi roda gigi yang menyerupai pergerakan planet dan matahari. Roda gigi jenis ini digunakan untuk mengubah rasio putaran poros secara aksial, bukan paralel. Kombinasi dari beberapa roda gigi episiklik dengan mekanisme penghentian pergerakan roda gigi internal menghasilkan rasio yang dapat berubah-ubah. Mekanisme ini digunakan dalam kendaraan dengan transmisi otomatis.


17. Bagaimana Pergantian Persneling Mobil Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Persneling adalah sistem roda gigi palsu dan hidraulik yang menghantarkan tenaga mekanis dari penggerak ke roda dengen kecepatan lebih rendah tapi gaya putar lebih tinggi. Sistem ini juga memungkinkan pergantian perbandingan kecepatan-tenaga atau arah putaran.


18. Bagaimana Membuka Sebuah Slot Kunci??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:


19. Bagaimana Trumpet Bekerja??
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Prinsip kerja terompet sebetulnya sangat sederhana, bunyi terompet berasal dari aliran udara yang menggetarkan membran kemudian menghasilkan suara.


20. Ilustrasi Gelombang Sinus
Spoilerfor Buka aja gan..!!:


Quote:Quote:Original Posted By masjut
tambahin lagi dong gan
ane bantu rate iya

Busett dah,, 20 masih kurang gan?? Agan ini haus bgt akan ilmu nih.
Oke gan, siap, klo ada kaskuser yang mau tambahin. Ntar ane taruh dpan.

Update..!!

21. Ilustrasi Cara Kerja Pistol
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Udah pada tau kan pistol?? Itu lho yang suka dibawa ama polisi kalo ngga yakuza.Ini dia cara kerja pistol. Jangan tanya ya kenapa cuma dapet dorongan sedikit dapat meluncur cepat. Itu dalemnya amunisi kan ada bubuk mesiu gan, yang dapat meledak untuk memberikan dorongan.


22. Ilustrasi Cara Kerja Airsoft Gun
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Yang suka main PB jangan mimpi bisa punya pistol apalagi senapan sniper gan. Beli airsoft gun aja, udah mirip. Maennya juga jangan sembarangan. Yang belum beli, mending tau cara kerjanya dulu. Kalo yang ini dorongan berasal dari angin gan.


23. Pembuktian teorema phytagoras
Spoilerfor Buka aja gan..!!:
Dari SD, SMP, sampe SMA jurusan IPA, pasti nemu rumus yang satu ini. Bahkan kalo kuliah di jurusan teknik, pasti ketemu ama rumus ini. Kalo masih ababil dulu mah ngga urusan ama rumus ini gan, peduli amat. Kalo kuliah di jurusan teknik mungkin sempat berpikir kalo rumus ini salah apa bener ya. Buktinya mana?? Mau tanya agan phytagoras ngga mungkin. Lebih baik liat gambar gif ini. Masih menyangkal kalo rumus ini salah??

SUmber

1 komentar:

  1. Did you hear there is a 12 word phrase you can say to your partner... that will trigger deep emotions of love and instinctual attractiveness to you buried inside his chest?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, worship and care for you with all his heart...

    =====> 12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This instinct is so built-in to a man's genetics that it will make him try harder than ever before to make your relationship the best part of both of your lives.

    In fact, triggering this dominant instinct is absolutely essential to having the best ever relationship with your man that the moment you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You will soon find him open his heart and mind to you in a way he never experienced before and he'll distinguish you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

    BalasHapus