Sabtu, 04 Desember 2010

hati2 Gan!! apalagi yg tinggal di Asrama

ni Gan ane share buat Agan2 semuaaa....





apakah anda pernah mengalami gatal di daerah ketiak, sekitar puting susu, sekitar pusar, di alat kelamin, di bokong, di pergelangan tangan, telapak tangan dan kaki, di siku, atau di sela-sela jari tangan? berhati-hatilah, karena mungkin saja anda menderita tungau scabies.




tidak semua gatal disebabkan oleh jamur, karena bisa saja karena scabies.

apa itu tungau scabies?

tungau scabies adalah salah satu penyakit kulit yang disebebkan oleh sejenis kutu (tungau) yaitu Sarcoptes scabei. Sarcoptes scabei termasuk filum Arthropoda, kelas Arachnida, ordo Ackarima, super famili Sarcoptes. Pada manusia disebut Sarcoptes scabei var.hominis. Selain itu terdapat Sarcoptes scabei yang lain, misalnya pada kambing,babi, sapi, anjing,kucing dan kelinci. Selain itu, jenis lainnya yaitu notoedres cati juga dapat menyerang kucing.



bagaimana gejalanya?

gejala yang umum dialami bagi penderita adalah rasa gatal yang teramat sangat, terutama pada malam hari. ini karena, pada malam hari, larva aktif akan keluar dari sarangnya sehingga membuat kulit kita gatal.

penularannya sangat cepat dan dapat menyebabkan gatal yang teramat sangat. penularan dapat ditularkan dari bintang ke manusia.



bagaimana mengatasinya?

jika kita mengidap tungau scabies, kita dapat mengatasinya dengan pemberian obat Belerang endap (sulfur presipitatum) dengan kadar 4-20% , dapat berupa salep/krim atau sabun. tetapi tidak efektif terhadap stadium telur,jadi penggunaanya tidak boleh kurang dari 3 hari dan terkadang dapat menimbulkan iritasi.



selain pemberian obat belerang, cara tradisional adalah dengan menggunakan daun asam jawa. daun asam jawa mengandung tanin, glukosida dan peroksidase yang berkhasiat penyejuk, pereda nyeri, dan antiseptik. sehingga dapat digunakan untuk mengobati koreng, bisul,luka, sariawan,dll.

ne gan linknya : http://www.medicalera.com/index.php?...tml&Itemid=314

Tidak ada komentar:

Posting Komentar