Jumat, 21 Januari 2011

2 JAM TAK TERLUPAKAN di BANGKU TERMINAL LEUWIPANJANG

WC umumnya sebenernya keliatan biasa biasa aja,gak jauh beda ma WC umum di terminal bis kota lain. Cuma si bapak tua penjaga nya kelihatan asik banget beresin uang recehan hasil hari itu. Dilihat dari usianya umur setua itu mestinya beliau gak kerja lagi apalagi di tempat seperti ini. Tapi sepertinya dia menikmati sekali pekerjaannya.

Perjalanan lima jam jakarta ke bandung karena macet membuat saya harus ke toilet di terminal leuwipanjang ini. Selesai buang hajat, saya keluarin seribuan sambil sesekali perhatiin bapak penjaga WC ini. Iseng iseng kepikiran pengen ngewawancara si bapak, jarang jarang orang ngewawancara apalagi yang diwawancarai adalah penjaga WC umum.

Setelah basa basi sedikit

“oh iya pak kenalkan saya Dimas, nama bapak siapa? Karena bapak mau di wawancara nama bapak saya sebut inisialnya saja ya, kan ga enak kalo bos si bapak tau bapak buka rahasia pekerjaannya, kalo saya sendiri inisialnya U ”

“oh iya,gapapa dek,biar bos saya gak tau itu saya..inisial saya U.De.I.eN,bos saya pasti gak tau itu saya kan dek? “ *nama aslinya ya Udin juga namanya

Akhirnya saya wawancara dengan bapak berinisial U.D.I.N ini *geblek. Sebelum ngobrol saya pesenin segelas kopi item plus dua bungkus rokok gudang garam merah. Untuk saya sendiri cukup kopi mix

Kita duduk berhadap hadapan di bangku panjang sebelah meja kerja dia. Sesekali suara koin masuk ke kotak kayu dari pengunjung toilet.

Wawancara dimulai,,
“ Bapak udah lama jadi toilet? maksud saya jaga toilet di terminal ini”
“ udah lama juga dek, lima taunan saya kerja disini”
“ Kalo ikatan kerja disini gimana sistim nya pak”
“ Iketan apaan? “
“ Ikatan kerja pak “
“ kerja apaan yang di iket”
“ Maksud saya bapak kerja disini sama bos bapak jadi karyawan itu apa bulanan gajihnya apa gimana! “
“ Ohh, ya gitu aja dek,bapak setor duit ke bos tiap hari,bapak dibayarnya tiap tanggal 5”
“ ooh, jadi bulanan ya pak “
“ enggak,pokoknya tiap tanggal 5 aja bapak dikasih gajih ma yang punya usaha ini”
"iyaaa, itu namanya bulanan pak"

Hhhmmm… saya ambil gelas kopi, minum seteguk, pasang muka ramah kembali *nutupin dongkol

“ bapak kalo kerja disini liburnya gimana “
“ wah disini mah rame terus dek, namanya juga terminal, gak ada liburnya orang dateng “
“ Maksud saya bukan terminalnya,tapi bapak kalo kerja gak ada pere gitu pak? “
“ Bapak mah ga libur libur dek, paling kalo ada anak bapak dateng kesini,dia sering maen ke bandung juga. atau pas bapak pulang kampung baru ambil libur”
“ Memang kampungnya dimana gitu pak? “
“ Siapa dek?”
“ Ya bapak lah, kan saya wawancarain bapak “
“ Ooh kirain anak bapak, kalo bapak mah dari indramayu dek”
“ kalo anaknya yang tadi diceritain darimana ?”
“ya dari indramayu juga lah dek, gimana adek ini sih? Kan dia anak bapak,jadi di kampung mah bapak ma dia serumah, bareng ma istri bapak “

hhmmmm..minum kopi seteguk lagi sambil menyesal kenapa saya make nanya anaknya darimana asalnya

“ kalau saya asli Jogja pak, kadang kalo ada ibu atau adik datang ke bandung saya juga libur “
“ Ohh adek dari jogja, jauh dong ma kampung bapak di indramayu, adek ini ibunya di Jogja juga ? “
“ yaiyalah pak, gimana sih bapak ini, kan dia ibu saya , jadi kalo di kampung saya mah saya ma ibu saya serumah, bareng ma adik saya”

Satu sama, sekarang giliran si bapak yang minum kopi *rasain

“selama kerja disini, gimana pak,ada gak pengalaman pengalaman lucu orang yang ke wc umum ini ga”
“pengalaman lucu gimana ya, gitu gitu aja orang masuk wc, sakit perut,masuk kamar mandi,buka celana,brot!!, tinggal mbayar”
“ hmmmmm *dongkol maksud saya apa ada kejadian kejadian berkesan atau lucu yang pernah bapak alamin selama di sini,misalnya ada kambing ikut pipis, atau orang dah BAB celananya ketinggalan”
“ kamu suka aneh aja dek, masa ada kejadian aneh kaya gitu orang pe lupa celananya sendiri, kalo pengalaman pengalaman lucu bapak ada “
“ ya ituuuu…kan tadi saya nanya ada gak pengalaman lucu ?! “ *dongkol level 15

Minum kopi lagi dua teguk, pasang muka ramah kembali *dipaksain ramah, maklum ngomong ma orang tua ga boleh songong atau marah marah

“ kalo bapak liat ya, orang yang datang ke wc kalo di ibaratin wayang, datang kayak gatot kaca, pergi kaya arjuna”
“maksud bapak gimana ? “
“ orang orang tu kalo datang pada gagah,mukanya serius, jalannya cepet, gesit, ada cewe cantik gak diliat,eh pas keluar WC koq jadi kaya arjuna, jalannya pelan,santai, cengengesan, beda banget gak kaya pas datang “

Saya jadi berpikir apa mungkin gatotkaca gak pernah BAB jadi seperti itu terus.

“ kalo yang keluar WC nya kayak Kurawa ada gak pak “
“ lha yang kayak gimana maksud nya “
“ iya, keluar WC menclok menclok di kusen pintu atau gelantungan di tiang “
“ ooh ada toh yang kayak githu ? “
“ kayaknya ada pak di WC umum terminal bis di India sana “ *arrrrggghhh kenapa harus ngomongin wayang sih

...

“ selama bapak kerja disini pernah gak ada orang gak mau bayar pas udah keluar dari WC “
“ ada juga dek..”
“ trus gimana yang ngotot gak mau bayar “
“ ya bapak tagihin, kalo dia ngotot ya di selesaikan dengan cara dingin “
“ maksudnya di tabok pake es balok atau dijorokin ke kulkas pe beku ya pak?”
“ ya maksudnya di ajakin ngomong baik baik “
“ biasanya yang gak bayar siapa pak”
“ ya macem macem dek, kadang ada anak muda, berak ngakunya kencing, kadang kadang ada tentara, mau di tagih saya ya takut. Tentara edhan..ngising ra mbayar, memang WC ini milik neghara apa ? “

...

“ bapak ga kepikiran pindah kerjaan di tempat lain? “
“ pindah ke mana ya, kayaknya dimana mana kerja di wc umum sama aja “
“ ya kerjanya jangan di wc umum lagi pak “
“ ada sih angan angan, pengen bikin wc umum sendiri terus punya anak buah “
“ bisa gak sih pak angan angan atau cita cita gak berhubungan dengan nama WC “
“ada juga sebetulnya dek..” sambil matanya menerawang
“nah bagus itu, jadi gak terpaku dengan usaha wc umum aja, dunia ini masih luas untuk kesempatan yang lain, memang angan angan usaha apa gitu pak “
“ ada dek, jagain kakus “ *gebleg kronis



“ memang kalo kencing aja bayar berapa di wc umum ini? “
“ lima ratus “
“ berak ? “
“ serebu “
“ cepirit ? “
“ serebu lima ratus “
“ mandi ? “
“ serebu lima ratus ”



Bersambung ke part 2 


(NB: Ane akan nulis cerita yg Part 2 stlh ada 100 koment)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar