Jumat, 25 Februari 2011

10 Fakta menarik tentang angkasa

No.#1 Pengelasan Dingin






 Fakta : Jika 2 potong logam bersentuhan diangkasa, Maka akan menempel selamanya.

 Hal ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tapi itu benar. Dua keping logam tanpa lapisan akan membentuk menjadi satu kepingan di luar angkasa. Ini tidak terjadi di bumi karena atmosfer bumi menempatkan lapisan bahan teroksidasi diantara permukaan. Ini sepertinya akan menjadi masalah besar di stasiun ruang angkasa tetapi sebagai besar alat yang digunakan yang berasal dari bumi itu sudah dilapisi dengan material.



 No.#2 Sunspot Music

 

 Fakta : Aktivitas Bintik matahari mungkin alasan utama dari indahnya suara dari biola Stradivarius.

 Antonio Stradivari dianggap sebagai pembuat biola terbesar yang pernah ada. Dia tinggal di Italia pada abad ke-17 dan 18. Para ilmuwan tidak mampu bekerja di luar ada apa dengan biola nya yang membuat mereka begitu luar biasa, tetapi mereka tahu bahwa kayu yang digunakan untuk membuat mereka merupakan faktor yang sangat penting. Dari tahun 1500-an sampai 1800-an, bumi mengalami zaman es kecil sebagian besar disebabkan oleh aktivitas vulkanik meningkat dan penurunan aktivitas matahari. Sebagai hasil dari pendinginan ini, jenis pohon yang digunakan untuk biola Stradivari itu adalah sangat sulit (karena pertumbuhan yang lambat). Kayu yang keras sangat baik untuk membuat biola. Sangat kemungkinan Stradivari tinggal di usia yang berbeda, biola itu tidak akan dihargai seperti sekarang. Gambar diatas adalah terbuat dari tiga tumpang tindih foto. Ini menunjukkan cincin di pohon cemara yang digunakan untuk membuat biola Stradivarius paling terkenal, diberi nama "Mesias". Baris pertama dari nomor masing-masing lebar cincin dalam milimeter. Di baris bawah memberikan tahun di mana masing-masing cincin tumbuh.

No.#3Bulan Tambahan
 
 

 Fakta: Bumi memiliki minimal 4 bulan

 Oke, itu tidak sepenuhnya benar. tapi itu sangat dekat. Pada tahun 1986, Duncan Waldron menemukan asteroid (5 kilometer melintasi) yang berada dalam orbit elips mengelilingi matahari dengan periode revolusi hampir identik dengan Bumi. Karena alasan inilah planetoid dan bumi tampak saling mengikuti. Periodik planetoid ini bernama Cruithne (diucapkan krin-yə) setelah kelompok kuno orang Skotlandia (juga dikenal sebagai Picts). Karena hubungan yang tidak biasa dengan Bumi, kadang-kadang disebut sebagai bulan kedua Bumi. Cruithne, lebih redup daripada Pluto dan akan membutuhkan setidaknya teleskop 12,5 inci agar bisa terlihat. Sejak penemuannya, setidaknya tiga asteroid serupa lainnya telah ditemukan. Jenis objek juga ditemukan dalam hubungan mirip dengan Planet-planet lain dalam tata surya kita. Dalam gambar di atas (courtesy of Paul Wiegert ), bumi adalah lingkaran berwarna biru dengan cross di dalamnya, dan orbit Cruithne ditunjukkan dalam warna kuning.


 No.#4 George's Star

 


 Fakta : Uranus awalnya bernama George's Star

 Ketika Sir William Herschel menemukan Uranus pada 1781, ia diberi kehormatan penamaan itu. Dia memilih untuk memberinya nama Georgium Sidus (Bintang George) setelah pelindung barunya, King George III (Mad Raja George).
Uranus juga merupakan planet pertama yang ditemukan dengan menggunakan teleskop.

 No.#5 Big Dipper bukanlah sebuah Rasi Bintang

 


 Fakta : Big Dipper bukan Rasi Bintang, itu adalah asterism

 Banyak orang berpendapat bahwa Big Dipper adalah rasi bintang. Tetapi pada kenyataannya, itu adalah sebuah asterism. Asterism adalah sebuah pola bintang yang bukan merupakan salah satu dari 88 rasi bintang, mereka juga terdiri dari bintang-bintang yang secara fisik tidak berhubungan satu sama lain dan terpisah jarak yang sangat jauh. Sebuah asterism dapat terdiri dari bintang-bintang dari satu atau lebih rasi. dalam kasus Big Dipper, itu seluruhnya terdiri dari tujuh bintang terang dari rasi bintang Ursa Major (Beruang Besar).


 No.#6 Solar Diet


 


 Fakta : Matahari kehilangan hingga satu miliar kilogram tiap detik karena angin matahari

 Angin matahari diisi partikel yang dikeluarkan dari permukaan atas matahari karena suhu tinggi korona dan partikel energi kinetik yang tinggi melalui sebuah proses yang belum dipahami dengan baik saat ini. Dan, apakah Anda tahu bahwa 1 pinhead energi matahari cukup untuk membunuh seseorang pada jarak 160 kilometer?

 No.#7 Cahaya Kuno

 

 Fakta : Cahaya yang menyinari Bumi saat ini berumur 30.000 tahun

 Energi dari sinar matahari yang kita lihat hari ini dimulai dari inti matahari 30.000 tahun yang lalu, energi itu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk melewati atom padat yang membuat matahari dan hanya 8 menit setelah meninggalkan matahari untuk sampai ke bumi dan menyinarinya! Temperatur dari inti matahari adalah 13.600.000 kelvin. Semua energi yang dihasilkan oleh peleburan di inti matahari harus berjalan melalui banyak lapisan yang berurutan ke fotosfer matahari sebelum lolos ke ruang angkasa sebagai sinar matahari atau energi kinetik partikel.

 No#8. Selamat Tinggal Teman Lama!

 

 Fakta : Bulan bergerak menjauh dari bumi

 Setiap tahun bulan bergerak sekitar 3.8cm menjauh dari bumi. Hal ini disebabkan oleh efek pasang surut. Akibatnya, bumi melambat berotasi sekitar 0,002 detik per hari per abad.

 No#.9 Bergerak Terus-menurus

 

 Fakta : Kita bergerak di angkasa dengan kecepatan rata-rata 530 km per detik

 Galaksi kita - Bima Sakti berputar dengan kecepatan 225 kilometer per detik. Selain itu, galaksi ini berjalan diangkasa dengan kecepatan rata-rata 305 kilometer per detik. Ini berarti bahwa kita sedang melakukan perjalanan pada kecepatan total 530 kilometer (330 mil) per detik. Itu berarti bahwa dalam satu menit Anda berada 19.000 kilometer jauhnya dari tempat Anda semula.

 No.#10 Ringan

 


 Fakta: Jika Anda meletakkan Saturnus ke dalam air maka saturnus akan mengapung

 Massa jenis Saturnus sangat rendah sehingga jika Anda memasukkannya ke dalam segelas air raksasa maka saturnus akan mengapung. Kepadatan sebenarnya Saturnus adalah 0,687 g / cm 3 sedangkan kepadatan air adalah 0,998 g / cm 3. Saturnus memliki jari-jari lingkaran 60.268 ± 4 km, yang berarti Anda akan membutuhkan sebuah gelas air yang sangat besar untuk menguji ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar