Jumat, 03 Desember 2010

Kenapa debat agama itu omong kosong!!

Tulisan ini adalah teriakan suara hati.
Yang cabik, terbakar. Dan menangis!
Saya tahu Tuhan itu suci.
Saya tahu Kitab Suci itu harus dihargai
Dan saya sudah lama tahu kotbah agama sejak bayi, tapi …..
Yang tidak saya mengerti:
Kenapa banyak umat beragama yang merasa suci?
Bukankah manusia itu hanya setetes air hina?
Bukankah manusia itu hanya seekor hamba Tuhan yang lemah?
Terbatas, terbatas, terbatas dan …
akan tetap terbatas!
Tapi…
Yang tidak saya mengerti …..
Kenapa diskusi agama itu jadi omong kosong?
Kenapa manusia jadi Tuhan?
Yang garang menghakimi iman orang?
Kenapa kita saling hujat?
Kenapa kita berlagak sudah tahu segalanya?
Sudah begitu tahu tentang Tuhan?
Seakan Tuhan adalah teman sesama main kelereng?
Yang tidak saya mengerti …..
Kenapa diskusi agama hanya main tebas?
Kenapa diskusi agama jadi perang emosi?
Itukah ciri orang beragama?
Itukah ciri iman?
Itukah agama yang anda banggakan?
TIDAK!
Agama itu mulia…
Kitalah yang kotor!
Karena memang hakikatnya kita kotor..
Kita dicipta dari jejaring nafsu
Dan dada kita adalah ladang tempur malaikat dan setan
Jadi,
Mari kita mandi
Cuci hati dengan firman Tuhan
Bukan dengan tulisan yang tertulis di Kitab Suci!
Dan soal diskusi agama?
Tampar mulut anda!
Dan tampar tulisan anda!
Sebelum seenaknya menampar argumentasi teman anda
dengan tulisan kekanak-kanakan anda,
yang nilainya tidak lebih dari: Sampah!
Kenapa diskusi agama itu omong kosong?
Karena anda hanya ingin memamerkan iman anda
Semua yang anda tulis
Hanya untuk memproklamirkan:
Andalah, agama andalah, kitab suci andalah, dan Tuhan andalah,
Yang benar ….
Dan apa tujuan anda?
Agar orang mengakui bahwa anda taat,
Agar orang mengakui bahwa agama yang anda anut benar
Agar orang mengakui bahwa kitab suci anda benar
Apa tanggapan saya?
Tinggalkan iman anda diruang sunyi yang bernama hati,
di bilik nurani terdalam anda
Tidak perlu orang tahu!
Karena anda beriman bukan untuk manusia
Tapi untuk Tuhan
Jadi disini,
Mari kita hanya diskusi
Tulislah pendapat anda,
Argumentasi anda
Jangan hakimi siapa-siapa
Cukup Tuhan mengadili kita
Janganlah anda menjadi Tuhan,
yang suka menghakimi iman seseorang
Di sini
Di meja diskusi ini,
Mari kita saling membuka diri,
Duduklah dengan telanjang,
Tanggalkan identitas anda
Tanggalkan segala klaim anda
Hanya untuk sementara
Di luar ini sidang,
Silahkan anda pakai kembali semua keyakinan anda
Tidak akan ada yang melarang
Tapi jika anda tidak bisa,
Maaf ... sekali lagi maaf,
Selamat jalan untuk anda
Berangkatlah ke sorga sekarang juga,
Biarlah saya nikmati neraka ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar