Sabtu, 18 Desember 2010

Sejarah Vatikan

Mempelajari perkembangan Gereja adalah mempelajari sejarah dunia. Di masa kini, kekuasaan-kekuasaan temporal kepausan sangatlah dibatasi. Namun dahulu, bendera-benderanya berkibar melintasi samudera dan menaklukkan bangsa-bangsa. Hanya beberapa kejadian penting saja yang tidak terpengaruh oleh rencana-rencana besar Vatikan.

Seperti halnya semua kekaisaran, kisah tentang Vatikan adalah kisah tentang kemasyhuran dan kejatuhan. Sejarah itu diawali secara kurang baik di Roma, di mana para pengikut perdana dari “aliran Vatikan” yang bersifat monoteistik ini (setidaknya demikian di mata orang-orang Roma), layak untuk mengalami kematian yang kejam di dalam arena terutama pada masa pemerintahan Nero. Selanjutnya gereja berkembang dalam pemerintahan Kaisar Konstantin, dimana dia melegalkan Gereja dan kemudian memerintahkan pembangunan pertama Basilika Santo Petrus di lokasi dimana gereja yang besar sekarang dapat kita lihat ditengah-tengah Vatikan.

Periode berikutnya dari konsolidasi dan penaklukkan yang belum pernah terjadi sebelumnya, yakni melalui Sabda Tuhan, menyebar lewat biara-biara, para misionaris dan terutama Perang Salib.

Kemunduran dan kejatuhan yang tak dapat dihindari hanya tinggal beberapa abad kemudian. Meningkatnya korupsi dan politisasi lembaga kepausan akhirnya muncul melawan peralihan menuju cita-cita humanis yang menjiwai zaman Renaissance. Kolonisasi sekuler dari tanah-tanah yang jauh dan revolusi dalam bidang pertanian dan industri seolah memberikan pencapaian prioritas jangka pendek kepada manusia, dibandingkan dengan ganjaran-ganjaran spiritual yang berjangka panjang. Perlahan-lahan namun pasti, kekuasaan Takhta Suci pun mulai berkurang.

Meskipun demikian, satu hal yang tetap sama dalam Gereja adalah posisi Paus sebagai pemimpin spiritual. Demi alasan tersebut, artikel berlanjut ini memberikan tidak hanya sejarah singkat Vatikan itu sendiri, tetapi juga sebuah alur waktu dari kejadian-kejadian yang signifikan, serta profil-profil para Paus yang cukup terkenal, mulai dengan Santo Petrus hingga Paus terkini Benediktus XVI.

Apa yang terjadi dalam rentang waktu selama dua ribu tahun di antara mereka merupakan sebuah sejarah dunia itu sendiri, sebagaimana kisah dari sebuah agama.
Bersambung ke Era-Era Vatikan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar